Let start blogging.. [Ayo kita mulai nge-blog]

Halo teman2.. Setiap orang dari kita mungkin sudah familiar (kenal) dengan istilah blog, walaupun masih kalah terkenal dengan jejaring sosial atau mikroblogging seperti Facebook, Twitter, Plurk dan sebagainya..

A “blog” is an abbreviated word for web-log, is a web-based journal in which people can publish their thoughts and opinions on the Internet. “Blog” adalah singkatan kata untuk web-log, adalah jurnal berbasis web di mana orang bisa mempublikasikan pikiran dan pendapat di Internet.

start a blogMengapa harus menulis di Blog? Bagiku menulis di blog sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena setiap orang dapat mencurahkan segala isi pikirannya dan menuangkannya dalam sebuah tulisan.. Tulisannya bebas, terserah saya, mau curhatan kek, mau puisi kek, atau tulisan romantis abis.. hehehe..Β  Sebuah blog dapat kita jadikan ‘rumah pribadi’ kita di dunia maya yang berisikan seluruh pemikiran dan karya kita..Β  karya berupa gambar, puisi, fotografi, video, teknologi dan sebagainya..

Blog bisa kita jadikan salah satu identitas personal kita di dunia maya sehingga orang lain dapat mengenal kita lebih jauh melalui tulisan2 kita.. Orang-orang yang terbiasa aktif dalam aktivitas mikroblogging sebenarnya mampu untuk mengembangkan tulisan2nya dalam sebuah blog,, namun terkadang untuk pemula biasanya bingung bagaimana cara untuk memulainya..

OK deh.. saya beri pertanyaan bagi pembaca.. Apakah anda sudah memiliki blog?πŸ™‚ Jika belum, luangkan waktu anda sejenak kira2 15-20 menit untuk mencoba langkah2 memulai blog dibawah :

  1. Yuk kita cari penyedia blogging yang layak yang menarik. Penyedia paling populer nih misalnya : LiveJournal, Blogger, WordPress.com, dan masih banyak lagi. Kalau saya pribadi pertama kali belajar menggunakan wordpress.com karena mudah untuk pemula. Apakah sulit? Situs blogging biasanya menyediakan fasilitas desain template dan tombol-tombol posting yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan pengetahuan teknis..πŸ™‚ So dont worry be happy..
  2. Nahhh… Setelah mendaftar, kita akan memiliki halaman setting blog dengan galeri template blog yang siap-pakai. Halaman setting ini cuma kita sebagai admin yang bisa membuka dan melakukan perubahan. Kita dapat memilih skema warna web blog kita, tata letak untuk blog, setting tulisan judul blog, dan macam-macam setting lainnya. Bagian setting ini termasuk salah satu bagian yang PALING MENYENANGKAN, karena seolah-olah kita diberi kebebasan untuk mendesain RUMAH PRIBADI kita di dunia maya.. bebas dan gratis.. silahkan di coba-coba sesuai dengan imajinasi dan kreasi andaπŸ™‚
  3. Putuskan seperti apakah blog Anda nantinya..Β  Mau dibawa kemana blog ini? *hehe kayak lagu aja… misalkan : apakah blog pribadi atau bisa dibaca publik? apakah Anda ingin setiap pengunjung internet untuk dapat membaca blog Anda, atau apakah Anda hanya ingin teman-teman dan keluarga untuk dapat membacanya. Lalu tema blog anda nantinya tentang apa? tentang cinta? ttg photografi? atau apa? jika sudah jelas gambarannya maka kita akan lebih mudah untuk melakukan setting theme, font dan gaya dari blog kita..
  4. Okayy… Setelah kita telah mengatur blog Anda, menulis beberapa posting untuk menguji itu, dan membuat penyesuaian tata letak atau gaya yang Anda inginkan. Seperti jika Anda hanya punya template baru, Anda akan memeriksa blog Anda untuk melihat apakah Anda seperti itu, kan? Pada awalnya, itu akan tampak sulit untuk mencari tahu apa yang harus menulis, tapi setelah Anda masuk ke rutinitas sehari-hari blogging, Anda akan menemukan itu adiktif. Menulis tentang hari Anda, pikiran Anda, peristiwa, ide, ketakutan, kesenangan, berita, terkini, seni, atau apapun yang Anda tertarik!
  5. Setelah Anda telah mengatur blog Anda, silakan menulis beberapa posting untuk testing (Apa aja !!), dan membuat penyesuaian tata letak atau gaya yang Anda inginkan. Seperti jika Anda hanya punya template baru, tentunya anda akan memeriksa blog Anda untuk melihat apakah penampakannya sudah benar sesuai yg kita inginkan..Β  Pada awalnya, itu akan tampak sulit untuk mencari tahu apa yang harus menulis, tapi setelah Anda masuk ke rutinitas sehari-hari blogging, Anda akan menemukan itu SANGAT MENYENANGKAN. Menulis tentang hari Anda, pikiran Anda, peristiwa, ide, ketakutan, kesenangan, berita, terkini, seni, atau apapun yang Anda tertarik!
  6. Kunjungi blog lain untuk membangun sebuah lingkaran blogging. Ketika Anda meninggalkan komentar, jangan lupa menambahkan alamat blog Anda sehingga mereka dapat mengunjungi anda juga. (Catatan: Tips ini buat blog yang bersifat terbuka untuk dibaca publik)
  7. Publikasikan blog Anda dengan mengirimkan URL ke teman-teman Anda atau mempublikasikan URL pada website Anda. Tambahkan URL ke posting yang Anda buat di blog lain.

Naahh gampang kan.. sekarang tinggal mencoba dan mencoba.. tulis apapun yang ada dibenak anda.. lama kelamaan kegiatan ini akan semakin menarik dan melatih kita untuk menulis.. happy blogging!!

———————————————————————————-

reference :

glossary :

  • Blog : Sebuah blog (berasal dari istilah web log) adalah jenis website atau bagian dari sebuah website. Serupa jurnal berbasis web di mana orang bisa mempublikasikan pikiran dan pendapat di Internet.
  • Mikroblogging : merupakan media siaran dalam bentuk mirip blogging (misal : FB dan Twitter). Microblog berbeda dari sebuah blog karena isinya biasanya lebih kecil dan singkat secara keseluruhan. Microblogs “memungkinkan pengguna untuk bertukar kalimat singkat (Status di FB ata twitter misalnya),Β  gambar individu, atau link video”.
  • Template : Cetakan / Model yang bisa dipakai untuk blog.. Kita tidak perlu repot lagi untuk mendesain halaman blog. Cukup memanfaatkan template yang sudah disediakan.

2 Responses to “Let start blogging.. [Ayo kita mulai nge-blog]”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




My Archives


%d bloggers like this: