Do as a Professional

Dear My Blog..

Sebelumnya tidak pernah terpikirkan olehku untuk mengajar di dalam sebuah training ABAP Advance untuk para expert dibidang ABAP. Namun itulah kenyataan yang aku telah jalani.. Sudah dua kali kesempatan yang kuperoleh dan sangat amat menegangkan. Bayangkan saja, seluruh peserta yang hadir merupakan programmer ABAP yang berpengalaman lebih tinggi dari pada aku.. Pikiran-pikiran negatif masih saja memenuhi pikiran melankolis ini. Bagaimana seandainya nanti hari-H berantakan gara-gara pertanyaan brutal dan bertubi-tubi dari expert-expert yang hadir.

Huff.. Sejenak aku menenangkan diri sambil berbaring di kamarku. Masih teringat pertama kali aku mengenal ABAP.. Baru saja, akhir tahun 2010.. Berawal dari ‘keisengan’ untuk mengikuti pelatihan BASIC ABAP, diriku semakin kecanduan untuk mendalaminya.. Karena ABAP memiliki keunikan yang berbeda dengan bahasa lainnya.. Saat pelatihan selesai,  materi training sama sekali belum nempel ke otak 100%.. hehehhehe.. maklum, udah kadung ketempelan PHP & .NET..  Februari 2011 aku memutuskan untuk fokus belajar ABAP dengan meninggalkan pekerjaa kantoran ku, beralih ke freelance.. Aku kembali memperdalam ABAP dalam training lanjutan pada bulan Maret 2011. Kemudian menjadi asisten trainer selama 3 bulan untuk training technical SAP. kulalui dengan terus berlatih membuat report dan komponen SAP, hingga suatu saat ‘ditodong’ untuk memberikan training kepada peserta training ABAP Advance. Namun dengan semangat menimba ilmu dan pengalaman, tawaran ini aku terima dengan lapang dada :)).

Kita tidak akan pernah tahu kemampuan kita sampai kita benar-benar mencoba, dibutuhkan keberanian dalam mengambil resiko untuk maju dan menjadi sukses.

Hari – H pun tiba. Berbekal tips-tips ala konsultan yang dirangkum dari berbagai sumber dan saran temen2 kantor, akhirnya aku bisa melewati 2 hari training yang berat. Anyway.. Thankz ya Robb.. Engkau telah memberikan aku ketenangan saat hari H.. Sungguh diriku yg bodoh dan lemah ini takkan bisa melangkah sejauh ini tanpa kehendak-Mu.. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, seluruh materi berkenaan dengan teknik reporting dan Program Driver ABAP dapat terselesaikan dengan baik.

Adapun tips yg bisa membuat Pede saat berhadapan dengan expert dalam sebuah training, sharing, ataupun demo presentasi adalah sbb :

  1. Penampilan harus terlihat OK dan terlihat expert.. Cool dan tidak banyak bicara, karena kalau terlalu banyak bicara bisa membuka kelemahan kita. Cool dapat membuat kita terlihat lebih bijak..🙂 Tatap seluruh mata peserta dengan penuh keyakinan bahwa kita itu mampu..😛
  2. Persiapkan catatan kecil, contoh2, video tutorial, yang dapat dibuka jika ada sesuatu yang kita lupakan.. terkadang setting2 / config yang langkahnya panjang banget membuat kita harus mengingat banyak. *dengan catatan notebook.
  3. Fokuslah pada materi yang akan kita ajarkan / presentasikan, karena dalam lingkup itulah ‘kita adalah jagoannya’. Pikirkan juga segala bentuk kemungkinan pertanyaan yang kira-kira akan diajukan. Jika ada pertanyaan diluar lingkup materi [mungkin saja tidak kita kuasai], sebaiknya dipending dan ditampung untuk dijawab setelah session training (Sambil googling cari jawaban, chatting sama konsultan yg kira2 bisa jawab, hehehe). Bisa juga mengajukan pertanyaan tsb ke peserta lain yang mungkin bisa menjawabnya : ‘Hayoo ada yg bisa jawab pertanyaan ini?’ . Jika peserta lain juga tidak bisa menjawab, dan si penanya masih ngotot pengen jawabannya, cukup ucapkan ‘Wallahu’alam.
  4. Belajarlah ‘Ngeles’ dengan style yang cerdas.. Misalkan saat kita create sebuah program sebagai contoh ke peserta, ehh ternyata ada error.. jangan panik. anda bisa katakan : ‘Ok rekan2, ternyata ada error, hayo ada yg tahu errornya dimana, karena apa?’.. atau : ‘ayo silakan dicari errornya buat latihan bug fixing, hehehe’. Masih banyak teknik-teknik ngeles yang elegan dan cerdas, silakan dicoba dan dilatih.🙂
  5. ehmm.. apalagi ya? masih banyak lagi tipsnya, yg terpenting adalah banyak2 berdoa. Jangan ragu untuk bertanya balik ke peserta / rekan expert anda untuk lebih menggali pengetahuan yang tidak kita ketahui, sehingga kira juga bertambah wawasannya.

Benar-benar style konsultan banget, tetap maju walaupun masih banyak kekurangan.. Intinya do the best, keep spirit, do as a professional..

Semoga bermanfaat.

Wassalam.

0 Responses to “Do as a Professional”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




My Archives


%d bloggers like this: