Integrasi SAP dan PHP via SAPRFC – Part 1 (The Beginning)

Dear My Blog,

Bogor, 31 July 2011. Menjelang Ramadan 1432H.

Siang ini benar-benar panas. Hari Ahad ini saya juga sedang tidak ada kerjaan. Mumpung sedang idle, saya ingin sedikit menulis mengenai SAP dan integrasinya dengan PHP. Tapi sebelum dimulai tidak ada salahnya saya menjelaskan sedikit mengenai istilah-istilah yang saya gunakan supaya nanti teman2 non IT bisa ikut menikmati tulisan ini.

SAP, apa itu?  SAP adalah salah satu software ERP (Enterprise Resource Planning) yang diproduksi oleh SAP AG. Software ERP merupakan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membantu proses transaksi, penyimpanan data, pengolahan data, serta menampilkan dalam bentuk report. SAP sendiri memiliki beberapa modul yang dapat digunakan perusahaan untu menunjang kegiatan bisnisnya. Bahasa pemrograman untuk pembuatan custom report di PHP adalah : ABAP. Penjelasan mengenai SAP bisa dilihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/SAP_ERP.

PHP, apa itu? PHP adalah bahasa pemrograman yang di desain untuk pembangunan web dan menghasilkan halaman web yang dinamis. Teman-teman dari IT tentunya sudah familiar dengan PHP, karena cukup mudah untuk dipelajari. Penjelasan panjang lebarnya bisa dilihat di : http://en.wikipedia.org/wiki/PHP.

SAPRFC adalah modul ekstensi untuk PHP 4 dan PHP 5. SAPRFC digunakan untuk memanggil function ABAP di SAP R / 3 dari skrip PHP. Anda dapat menggunakan bahasa PHP kuat untuk membuat aplikasi web atau program interface dengan koneksi ke SAP R / 3. Anda juga dapat menulis program server RFC dalam PHP dan memanggil fungsi-fungsi PHP dari SAP R / 3. SAPRFC project dapat dilihat di : http://saprfc.sourceforge.net/

OK, jadi untuk bisa ikut bermain-main pada bagian ini, kita harus memiliki akses ke SAP,  SAPGUI, kemudian PHP yang terinstall di komputer, serta ekstensi SAPRFC yang telah disetting dalam PHP. Sudah siap semua??

Lest Start.. !!

Setting SAPRFC

Sudahkah anda men-download SAPRFC? jika sudah, kita akan praktek install SAPRFC di OS WINDOWS.

Caranya :

  1. Ekstrak hasil download SAPRFC dan letakkan di htdocs (local). Pada folder SAPRFC terdapat subfolder ext, di dalamnya terdapat library  php-saprfc.dll. Copy file tersebut kemudian Paste ke direktori lokasi extensions PHP yang defaultnya di C:\PHP\extensions.

    Ext. PHP

  2. Edit file php.ini (direktori umumnya di : ) dan tambahkan skrip extension berikut : extension=php_saprfc.dll

    php.ini

  3. Copy librfc32.dll (diambil dari CD Installation SAPGUI) ke system Windows. Untuk Komputer yang telah diinstall SAPGUI, tidak perlu lagi melakukan copy library ini.
  4. Restart service Apache, kemudian buka phpinfo(). Nanti akan muncul informasi mengenai library SAPRFC pada layar.

    phpinfo()

  5. Jika sudah muncul info SAPRFC, berarti ekstensi tersebut telah siap untuk digunakan. Sip.. langkah selanjutnya yang paling menyenangkan adalah : testing ! ya testing koneksi antara PHP ke SAP. silakan buka file php dengan nama : saprfc_test.php yang dipanggil lewat browser web (IE, Mozilla Firefox, Google chrome, dll).  Masukkan login data SAP melalui form testing.

    SAPRFC_TEST

  6. Jika benar, kita akan masuk ke jendela selection function module. Berarti koneksi ke SAP sudah berjalan dengan baik, untuk melakukan testing selanjutnya bisa dengan memasukkan function module dalam SAP untuk di tes.. Misalkan function modul yang cukup familiar yaitu : RFC_READ_TABLE untuk membaca data tabel di SAP.
  7. Okay.. saprfc_testing.php merupakan salah satu contoh saja. Silakan bermain-main dengan contoh yang lain pada direktori : saprfc\sapclasses\examples. Semakin banyak contoh dan latihan maka akan semakin menarik.

    RFC_Read_Table

OK my Blog n friends, mungkin cukup sekian dulu perkenalan singkat mengenai SAPRFC untuk interfacing SAP menggunakan PHP. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan disana-sini.. Maklum penulis masih nubie mengenai SAP. Penulis hanya ingin bersenang-senang dengan koding dan testing.. untuk penjelasan mendalam harap hubungi para AHLI SAP terdekat🙂

Semoga bermanfa’at. Wassalam.

——————————————————————————————————-

Referensi.

1. http://sap-interface.com/

2. Integrating SAP with PHP, Jason Simmons

3. http://sourceforge.net/projects/saprfc, SAPRFC extension for PHP by koucky

0 Responses to “Integrasi SAP dan PHP via SAPRFC – Part 1 (The Beginning)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




My Archives


%d bloggers like this: