Back to Work, keep our spirit !

Dear My Blog.

Tak terasa sudah 3 minggu saya mengabiskan waktu bersama keluarga di kampung. Saat ini saya kembali untuk berjuang di tanah perantauan. Semoga saya masih diberi kekuatan untuk terus maju dan pantang menyerah.

Hari pertama kerja setelah liburan panjang bersama keluarga bagi sebagian orang mungkin terasa agak berat. ya, kita kembali ke dunia nyata dan bertemu setumpuk pekerjaan. Hari-hari kembali berjalan penuh tantangan dan tekanan. tapi itulah hidup dan perjuangan yang membuat perjalanan hidup makin berwarna. Libur panjang idul fitri kemarin sesungguhnya telah memberikan suntikan semangat untuk kembali berjuang.

Back to work

Apa yang saya lakukan saat kembali bekerja dan menghadapi hari-hari yang berat pada hari-hari awal? Merangkum dari beberapa artikel motivasi yang pernah saya baca, dan tentunya banyak orang sudah pernah membacanya, saya mencoba sharing beberapa hal yang saya lakukan untuk memulai pekerjaan setelah libur panjang.

  1. Positive Initiation. Hari pertama kerja setelah libur panjang… ahhh malesnya, pikiran masih tertinggal di kampung halaman dan tempat wisata.. hehehhee.. Gawat kalau begini. Pertama kali tentu sebagai seorang muslim, saya mengawali dengan bismillah dan doa. Melakukan inisiasi (awal / permulaan) dengan setting pikiran yang positif, memperbaiki niat dan tujuan bekerja. Mengawali sesuatu dengan niat yang baik, doa dan pikiran yang positif akan sangat menentukan apa yang akan terjadi selanjutnya😀
  2. Relax and feel comfort. Setelah mengumpulkan niat dan pikiran positif, saya berusaha rileks membuat suasana lingkungan kerja nyaman. Mengawali hari dengan datang lebih awal (pagi-pagi) sebelum jam kerja, sambil menikmati secangkir teh melati lalu mendengarkan lantunan mp3 Al-quran dari seorang qari yang menyejukkan hati. Jika ada waktu, rapikan meja kerja supaya terlihat bersih. Sekali lagi ini termasuk mengawali hari kerja dengan fun dan relax, tentunya akan sangat membantu meningkatkan aura positif dan semangat bekerja kita.
  3. Problems come.. Keep spirit, do the best with fun and high motivation. Jreeng.. kerjaan datang bertumpuk, deadline sempit, tekanan datang bertubi-tubi. Jangan sekali-kali mengatakan sebuah keluhan, karena akan menurunkan semangat dan memancing keluhan-keluhan selanjutnya. Tetap jaga aura positif dengan kata-kata penyemangat.. ‘Insya Allah, aku bisa’, ‘Luar biasa, bring it on!’, de el el.. tetap tersenyum.. ingat kembali motivasi kita bekerja.. Anak istri menunggu di rumah (Kalau udah berkeluarga, hehehe).
  4. Innovative or try with a different way.. Rata-rata manusia itu bosan mengerjakan sesuatu yang sama berulang-ulang tiap harinya. Anda juga seperti itu? Jangan khawatir, cukup lakukan sedikit improvisasi, inovasi atau mencoba sesuatu yang baru pada kegiatan kerja anda (selama tidak melanggar SOP *).
  5. Evaluation and Sharing. Selalu cek apakah ada perkembangan dalam pekerjaan, skill dan produktivitas. Selalu konsultasi dan tukar pikiran dengan rekan-rekan anda yang anda nilai cukup sukses dan memiliki jiwa positif yang baik. Sedikit banyak anda akan dipengaruhi oleh lingkungan dan teman-teman dekat anda. Maka pilihlah teman yang berjiwa positif dalam sharing knowledge / bertukar pikiran agar seluruh aura positif bisa menular ke jiwa anda.
  6. Others.. masih banyak lagi. Tentunya masin-masing orang punya cara sendiri untuk meningkatkan kinerjanya. Bagi yang punya cara yang unik untuk membunuh kebosanan saat kerja, memotivasi semangat kerja yang luntur, dan meningkatkan produktivitas bisa di-sharing disini🙂

Tak lupa penulis menambahkan dalam bekerja, doa dan usaha harus seiring dan sejalan. Semangat untuk berbagi dan menolong sesama harus terus dijaga karena hal itu memberikan nilai kebahagiaan yang tak ternilai, tentunya bisa membantu kita melewati hari-hari yang penuh dengan tantangan.

Sekian dari saya, maaf kalau kurang lengkap karena saya harus kembali ngoding *.. kurang lebihnya mohon maaf..

*ditulis pada hari kedua bekerja setelah liburan panjang lebaran🙂 Mohon maaf lahir batin, ya!

—————————————————————————————————————————————

referensi : –

Photo : Business Man, from stock.xcng upload by kristja.

Glossary :

  1.  SOP – Standard operating procedure , proses bisnis (pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar) yang berlaku di suatu perusahaan / organisasi.
  2. Ngoding – berasal dari kata coding, dibuat bahasa indonesia gaul menjadi ngoding yang artinya kegiatan membuat kode-kode program oleh seorang programmer.

0 Responses to “Back to Work, keep our spirit !”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




My Archives


%d bloggers like this: