Visit Bukittinggi 2012

Dear My Blog,

Senangnya saya bisa ikut project Interfacing SAP di Padang. Saat long weekend saya berkesempatan untuk mengunjungi kota Bukittinggi. Kota bukittinggi ini letaknya dekat dengan Padang, sekitar tiga jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Padang. Saya dan teman-teman berangkat pukul 10 pagi. Perjalanan sungguh menyenangkan karena melewati bukit yang penuh dengan pepohonan dan pemandangan desa yang hijau. Tempat yang menarik yang kami lewati adalah air terjun Lembah Anai.

Saat jam menunjukkan pukul 12 siang, kami mampir terlebih dahulu mampir untuk makan siang di restoran makanan padang. Makanan disana sungguh menggugah selera dimana disajikan diatas meja secara prasmanan hingga 12 piring. Rekan saya mengajarkan suatu trik agar tagihan makan tidak terlalu mahal. He he he.. ambil nasi yg banyak dan tuangkan kuah masakan dari piring prasmanan tanpa mengambil lauknya. Gratis tis tis..  *Dont try this frequently ! Setelah makan, dan sholat Dhuhur perjalanan pun dilanjutkan. Sejam kemudian akhirnya sampai di Bukittinggi. Horeee..

Bukittinggi sebelumnya disebut dengan Fort de Kock dan dahulunya pernah dijuluki sebagai Parijs van Sumatra. Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk. Tempat yang pertama saya kunjungi adalah Jam Gadang. Tempat ini bisa dikatakan ‘icon’ dari Kota Bukittinggi yang ramai dikunjungi wisatawan. Kebetulan saya datang saat hari ahad sore, saat itu pengunjung benar-benar membludak.

Selain bisa melihat bangunan Jam Gadang, kita juga bisa berfoto bareng tokoh-tokoh kartun loo. Dilokasi ini banyak model-model cosplay (baca : badut) yang mengenakan kostum tokoh kartun yang lucu-lucu. Diantara tokoh tersebut seperti Winny the pooh, Mickey mouse, Donald duck, Daisy duck, Uncle Scrooge, Shaun the sheep, little Krishna, Tux, Spongebob, dan masih banyak lagi.

Setelah puas berkeliling kawasan Jam Gadang, saya kemudian sholat Ashar di masjid raya. Selain itu saya mengunjungi lokasi Benteng Fort de Kock. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Jam Gadang. Sekitar 20 menit berjalan kaki, akhirnya saya sampai di lokasi benteng tersebut. Lokasi yang sama dengan Kebun Binatang Bukittinggi dan Museum Rumah Adat Baanjuang.

Menurut sumber yang saya dapatkan dari wikipedia : Fort de Kock adalah benteng peninggalan Belanda yang berdiri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Fort de Kock juga nama lama Bukittinggi. Benteng ini dibangun semasa Perang Paderi pada tahun 1825 oleh Kapten Bauer di atas Bukit Jirek dan awalnya dinamai Sterrenschans. Kemudian, namanya diubah menjadi Fort de Kock, menurut Hendrik Merkus de Kock, tokoh militer Belanda. Pada tahun-tahun selanjutnya, di sekitar benteng ini tumbuh sebuah kota yang juga bernama Fort de Kock, kini Bukittinggi.

Setelah berkeliling kawasan benteng, melihat lihat kebun binatang dan rumah adat hingga menjelang maghrib, kami segera bergegas pulang. Jalur pulang melewati kawasan danau Singkarak. Sungguh menyenangkan perjalanan kali ini hingga masih terbayang dalam pikiranku. Suatu saat semoga aku bisa kembali untuk mengunjungi objek wisata lainnya di Bukittinggi.

8 Responses to “Visit Bukittinggi 2012”


  1. 1 Maya January 26, 2012 at 10:39 am

    kondisinya masih bagus ya?

  2. 3 ganesha January 29, 2012 at 11:03 am

    Waa..
    Boleh ini dikunjungi.
    tapi kapan ya? hehe

  3. 5 amy January 31, 2012 at 8:22 pm

    Tapi sayang.. Ngga mau nyobain daging rendangnya.. Makannya cuma tahu tempe doank.. Heheh

  4. 7 ririsnovie February 1, 2012 at 6:55 am

    Tampak menyenangkan, semoga suatu saat bisa kesana🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




My Archives


%d bloggers like this: